Ratusan Pegawai Pensiun, Penerimaan CPNS Kembali Dibuka Di 2018

Posted on

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi akan membuka kembali penerimaan pegawai negeri sipil atau CPNS pada awal tahun 2018.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Brokrasi, Asman Abnur menuturkan, penerimaan CPNS untuk mengisi porsi jabatan yang kosong dikarenakan banyaknya PNS yang pensiun.

“Yang pensiun ada sekira 220 ribu total di daerah dan di pusat. Kita hanya menerima 50 persen dari jumlah yang pensiun atau lebih sedikit,” ujarnya.

Sementara untuk tahapan penerimaan CPNS untuk kementerian, lembaga dan pemerintah daerah pada 2018, sedang diajukan ke Presiden Jokowi untuk dikaji.

“Saya berharap nanti Bapak Presiden menyetujui kemudian saya bersama dengan Menteri Keuangan sedang menghitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk penerimaan PNS 2018,” ujarnya.

Asman belum mengetahui jumlah persis penerimaan CPNS untuk tahun 2018. Tapi, ia memastikan bahwa di kementerian dan kelembagaan akan dibuka lagi. Misalnya, di Badan Narkotika Nasional (BNN) ada lowongan sebagai pelatih anjing pelacak, namun banyak CPNS yang tidak lulus seleksi.

“Formasi yang kurang kami penuhi,” ujarnya.

Banyak Kendala Proses Penerimaan CPNS 2017

Asman mengakui dalam proses penerimaan calon pegawai negeri sipil masih banyak mengalami kendala di lapangan pada 2017.

“Peserta pagi-pagi (peserta) sudah datang, puluhan ribu orang tapi tolietnya tidak cukup. Ruang tunggu panas, ac mati,” kata Asman Abnur.

Tak hanya itu, kata Asman, ada kendala teknis dalam proses ujian. Misalnya listrik sampai mati satu jam, sehingga tertunda pelaksanaannya.

Meskipun ada kendala di lapangan tapi dalam proses penerimaan CPNS di seluruh Indonesia berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah kemarin penerimaan (CPNS) ini lancar bahkan anak pejabat tidak lulus,” katanya.

Asman menegaskan, bahwa orang ingin menjadi PNS harus melalui jalur resmi melalui tes dan tidak boleh ada orang yang membantu dalam proses penerimaan CPNS tersebut.

“Mudah-mudahan dengan terbangunnya trust yang sekarang saya punya kesempatan untuk membuka formasi tahun 2018,” ujarnya.

Seperti diketahui, bahwa pemerintah membuka lowongan sebanyak 17.928 formasi CPNS untuk 60 kementerian/lembaga dan Pemerintahan Provinsi Kalimatan Utara pada 2017.

sumber: VIVA.CO.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.